Irhamsyah Blog

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Kamis, 17 September 2009

Unit 1 Pengenalan Akuntansi

Unit 1
Pengenalan Akuntansi


A. Sejarah Perkembangan Akuntansi
Akuntansi sudah dikenal sejak manusia mampu membaca dan berhitung. Pemakaian akuntansi mulai diperlukan setelah manusia menyadari perlunya semacam laporan  pertanggungjawaban, terutama menyangkut uang dan kegiatan jual beli.
Ada 3 peristiwa penting yang berhubungan dengan perkembangan akuntansi.
  1. Tahun 1494, Luca Pacioli, seorang pakar matematika, menulis sebuah buku dengan judul “ Summa de Arithmatica, Geometrica, Proportioni, et Proportionalita ”. Ajaran mengenai akuntansi termuat dalam salah satu bab yang berjudul “ Tractatus de Computis et Scriptoris “. Memperkenalkan sistem pembukuan berpasangan, yang dikenal dengan Sistem Kontinental.
  2. Pertengahan abad ke 18, muncul Revolusi Industri di Inggris. Peristiwa ini turut mengakibatkan semakin diperlukannya pemakaian akuntansi, terutama oleh kalangan pemilik pabrik.
  3. Semakin berkembangnya dunia bisnis/usaha yang semakin menggiatkan pemakaian akuntansi sebagai laporan pertanggungjawaban kepada para pemegang saham, sebagai laporan yang menggambarkan kondisi perusahaan.
Di Indonesia berawal dengan diperkenalnnya Tata Buku oleh penjajah Belanda, yang secara bertahap diganti dengan akuntansi hingga saat ini.

B. Pengertian Akuntansi

Baca selengkapnya disini

Tidak ada komentar: