Irhamsyah Blog

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Selasa, 16 Maret 2010

Unit 6 Tahap-tahap Pelaporan Sikulus Akuntansi Perusahaan Jasa (Kertas Kerja / Neraca Lajur)

A.    Kertas Kerja / Neraca Lajur ( Work Sheet )
Kertas kerja adalah suatu formulir (tabel) yang terdiri atas 10 kolom. Kertas tersebut memuat kolom-kolom Neraca Saldo ( D / K ), Ayat Jurnal Penyesuaian ( D / K ), Saldo Disesuaikan ( D / K ), Neraca Saldo ( D / K ), Laba / Rugi ( D / K ), Neraca ( D / K ).
Pada kerja ini dilakukan proses penghitungan untuk akun-akun yang saldonya mengalami penyesuaian sehingga diperoleh nilai saldo disesuaikan. Kemudian nilai saldo-saldo tersebut dikelompokkan menurut kelompok akunnya yaitu akun Riil dan akun Nominal. Akun Riil dicatat ke dalam kolom Neraca sesuai dengan debit atau kreditnya, sedangkan Akun Nominal dicatat di kolom Laba / Rugi sesuai dengan debit atau kreditnya.
B.    Sumber Data Kertas Kerja / Neraca Lajur
Untuk membuat kertas kerja, datanya diambil dari Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian. Data Neraca Saldo dicatat kembali ke dalam kolom Neraca Saldo dan data Jurnal Penyesuaian dicatat kembali ke dalam kolom Ayat Jurnal Penyesuaian sesuai dengan akun yang mendapat penyesuaian dan sesuai dengan posisi debit atau kreditnya. Jika akun dalam jurnal penyesuaian tidak ada dalam akun-akun neraca saldo maka akun-akun tersebut ditambahkan dan dicatat di bagian bawah (umumnya) setelah baris jumlah dari neraca saldo. Dan nilainya dicatat sesuai dengan debit/kreditnya.

     Baca selengkapnya disini

Tidak ada komentar: