Irhamsyah Blog

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Jumat, 22 Oktober 2010

Menjaga Jantung dengan Gaya Hidup Sehat


Menjaga Jantung dengan Gaya Hidup Sehat

Sumber: www.AnneAhira.com
Setiap orang ingin hidup sehat. Dengan hidup sehat, kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik, seperti bekerja, sekolah, mengurus rumah tangga, dan kegiatan lainnya. Apa jadinya jika tubuh kita sakit atau mengalami gangguan kesehatan?Tentu saja segala aktivitas yang biasa dilakukan akan terhambat, bahkan sama sekali tidak dapat dikerjakan.

Tubuh kita terdiri atas organ-organ vital yang satu sama lain saling bersinergi. Jika salah satu di antara organ tubuh tersebut mengalami gangguan, kinerja organ tubuh lain akan terganggu. Salah satu organ tubuh yang menjadi mesin kehidupan adalah organ jantung. Jantung sebagai mesin tubuh bekerja memompakan darah ke seluruh bagian tubuh. Jika organ jantung mengalami gangguan, kinerja jantung tidak akan berfungsi dengan baik. Dampaknya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. 
Penyebab organ jantung mengalami gangguan antara lain sakit jantung. Gangguan jantung diakibatkan karena otot jantung lemah atau mengalami serangan jantung. Penyebabnya adalah adanya penyumbatan saluran pembuluh darah di jantung akibat penumpukan lemak atau adanya kolesterol. Jika tidak segera dilakukan tindakan, dapat mengakibatkan gagal jantung dan menyebabkan kematian. Sebelum gangguan pada organ jantung itu menyerang, lakukan pencegahan dengan melaksanakan gaya hidup sehat.
Pola Hidup Sehat dengan Berolahraga
Mencegah gangguan kesehatan pada jantung dapat dilakukan pola hidup sehat dengan berolahraga. Olahraga harus dilakukan secara teratur. Porsi olahraga disesuaikan dengan kemampuan diri, usia, dan tingkat kesehatan kita. Ada baiknya konsultasikan kepada dokter jenis olahraga apa yang sesuai untuk dilakukan. Jangan sampai olahraga membuat tubuh kita sakit atau cedera karena salah memilih jenis olahraga.
Semua jenis olahraga baik untuk kesehatan. Akan tetapi, untuk kebugaran dan kesehatan jantung lebih baik melakukan olahraga jenis aeorbik yang melibatkan kerja jantung. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga aerobik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.
1. Jalan Sehat
Jangan anggap remeh olahraga ini. Jalan sehat memiliki manfaat menjaga kesehatan jantung. Gerakan berjalan yang selalu dinamis memacu organ jantung memompa darah lebih aktif. Luangkan waktu untuk melakukan jalan sehat minimal 30—60 menit setiap hari dapat menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan jantung.
2. Jogging
Melakukan jogging secara teratur dapat menjaga kebugaran tubuh. Saat melakukan jogging, organ jantung akan berdetak lebih cepat memompakan darah dan melatih otot jantung menjadi kuat. Berjogging 3—5 kali dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh.
3. Renang
Olahraga ini dilakukan di air (kolam renang). Dengan berenang secara rutin minimal tiga kali seminggu dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan jantung. Berenang dapat menguatkan bagian otot-otot tubuh, juga dapat menurunkan berat badan.
4. Bersepeda
Bersepeda juga memiliki manfaat menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan jantung. Melakukan bersepeda tiga kali seminggu cukup untuk menjaga kesehatan. Di samping itu, bersepeda bisa dilakukan sambil brekreasi dengan keluarga atau teman.
Menerapkan Perilaku Hidup Sehat
Di samping berolahraga secara teratur, menjaga kesehatan jantung harus dibarengi dengan menerapkan perilaku hidup sehat. Berikut ini beberapa perilaku hidup sehat yang harus dilakukan.
1. Memilih Makanan Sehat
Asupan makanan untuk tubuh harus bergizi seimbang dan cukup nutrisi. Batasi konsumsi karbohidrat dan protein. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah. Hindari mengonsumsi makanan siap saji.
2. Minum Air Putih
Kekurangan cairan dalam tubuh sangat berbahaya bagi kesehatan. Setiap hari tubuh kita mengeluarkan cairan melalui kulit, ginjal, dan paru-paru sebanyak satu liter lebih. Oeh karena itu, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih yang banyak.
3. Sarapan 
Sarapan sangat penting karena tubuh memerlukan sumber tenaga untuk melakukan aktivitas seharian. Sarapan tidak perlu mengonsumsi makanan padat kalori karena dapat menyebabkan kantuk pada siang hari atau saat bekerja. Cukupi kebutuhan sarapan dengan buah atau jus.
4. Hindari Rokok
Kebiasan merokok mengakibatkan gangguan pada jantung. Mengurangi rokok tidak berpengaruh pada kesehatan jantung. Jika jantung ingin sehat, berhentilah merokok sekarang juga. 
5. Kurangi Konsumsi Garam
Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat mengakibatkan hipertensi yang dapat mengganggu kerja jantung. Kurangi konsumsi garam untuk menjaga agar jantung tetap sehat. 

Tidak ada komentar: