Irhamsyah Blog

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Senin, 15 November 2010

Lagi-lagi Antivirus Palsu Dari Microsoft Mendeteksi Virus Baru

 

Lagi-lagi Antivirus Palsu Dari Microsoft Mendeteksi Virus Baru



Jangan tertipu! Microsoft sebenarnya tidak pernah mengeluarkan Antivirus palsu/ Gadungan. Setelah dahulu sempat dikabarkan kalau Antivirus milik Microsoft (MSE) didomplengi oleh virus, lagi-lagi kini terdengar berita yang dikabarkan langsung dari windowsteamblog bahwa telah muncul kembali jenis lain dari trojan baru yang menyamarkan diri sebagai antimalware program gratis dari Microsoft, Microsoft Security Essentials.
Jenis Trojan ini dikenal dalam dunia teknis pertempuran antimalware sebagai "Win32/FakePAV". FakePAV adalah penipu yang menampilkan pesan yang meniru sama persis dengan laporan dari Microsoft Security Essentials bila terjadi ancaman dan akan membujuk pengguna untuk mendownload dan membayar Antivirus palsu. Antivirus palsu ini nantinya akan mempengaruhi beberapa proses seperti Windows Registry Editor, Internet Explorer, Windows Restore juga utilitas dan aplikasi lain.

Bagaimana Antivirus Gadungan ini bekerja?

1. Anda tidak sengaja mengunjungi situs web yang menempatkan sebuah 'drive-by download' yang dikenal sebagai FakePAV.
2. Setelah berjalan, Anda akan mendapatkan peringatan palsu di browser web Anda.
3. Anda bisa juga meng-expand untuk melihat 'rincian tambahan'


 
4. Jika Anda klik pada 'clean computer' atau pada 'apply action' maka program ini akan mensimulasikan upaya untuk melakukan pembersihan
 5. Anda kemudian akan mendapatkan pesan peringatan 'unable to clean' dan diminta untuk klik pada 'scan online'

 
6. Setelah melakukan simulasi scan, Anda akan ditawarkan beberapa daftar program Antivirus dan Antimalware.
 
7. Mengklik pada salah satu pilihan 'free install' akan mendownload installer dan mulai menginstalnya.
 
 
ampilan akhir dari software antivirus palsu ini dapat berupa banyak bentuk, seperti Red Cross Antivirus, Peak Protection 2010, AntiSpy Safeguard, Major Defense Kit atau Pest Detector. Aplikasi ini akan memberikan peringatan palsu dan mencoba untuk menakut-nakuti Anda untuk membeli program perlindungan keamanan yang lain. Aplikasi seperti ini juga dikenal dengan scareware.

Kesimpulan

Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk melindungi diri Anda sendiri? Gampang sekali, Anda hanya cukup memiliki Antivirus yang selalu up to date, karena Antivirus yang selalu up to date akan bekerja secara maksimal, entah apa itu jenis Antivirus yang Anda miliki, yang terpenting adalah selalu untuk melakukan update Antivirus minimal seminggu sekali.

Lalu, apa tindakan Anda jika sudah terinfeksi? Satu software yang sangat direkomendasikan adalah MalwareBytes. Jika dengan software ini belum berhasil, silahkan baca artikel berikut ini.

3 komentar:

Irhamsyah mengatakan...

terima kasih juga telah berkunjung.
ajak teman lain untuk berkunjung.

Kepiting Laut mengatakan...

mantab mas infonya..!! jadi tauh lebih bnyk neh..!! sukss sllalu mas

Irhamsyah mengatakan...

terimakasih
semoga kita bisa lebih hati-hati saat menggunakan software anti virus agar jangan terjebak anti virus palsu.
sukses selalu juga untuk anda.